Air Terjun si gura gura

contak

maxresdefault

Air terjun Si gura-gura mencapai ketinggian 250 meter atau hampir seperempat kilometer. Ketinggian air terjun ini pun mengalahkan beberapa air terjun lainnya seperti Air Terjun Madakaripura (200 meter) ataupun Air Terjun Payakumbuh (150 meter).

Dengan ketinggian seperti itu, tidak heran kalau banyak yang penasaran dengan pemandangan Air Terjun Sigura Gura ini. Dan dengan ketinggian seperempat kilometer tersebut, bakal tidak ada yang berani bermain air secara langsung di bawah air terjun ini. Terlebih mendengar dentuman airnya saja bakal membuat bulu kuduk merinding, karena saking kerasnya.

Air Terjun Sigura Gura ini berada di Kabupaten Toba Samosir, berjarak sekitar 250 kilometer dari pusat kota Medan. Tempat ini pun cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Terutama untuk mereka yang yang mencari tempat dengan pemandangan alam yang indah. Lokasi air terjun ini akan menawarkan pemandangan landsekap yang menakjubkan.

sigura

Aliran air yang deras juga membuat tempat ini mempunyai manfaat sangat besar bagi masyarakat sekitar. Aliran air dari Air Terjun Sigura Gura dimanfaatkan untuk membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang berlokasi di Bendungan Sigura Gura. Bendungan ini jaraknya kurang lebih sekitar 20 kilometer dari hulu Sungai Asahan dan dikenal sebagai bendungan terbesar kedua di Indonesia.

Air Terjun ini berjarak kurang lebih 250 kilometer dari kota Medan. Air Terjun Sigura Gura ini lokasinya lebih mudah dijangkau dari Danau Toba. Jadi tidak heran kalau banyak wisatawan yang menyempatkan waktunya untuk singgah ke tempat ini selepas berkunjung ke Danau Toba.Perjalanan menuju ke Air Terjun Sigura Gura pun akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi. Ditemani pemandangan alam yang masih asri, perjalanan menuju lokasi air terjun ini pun bakal terasa tidak membosankan.