Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-piso merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak tidak jauh dari permukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Dapat dibilang, mengunjungi desa ini tidak berbeda dengan berwisata ke Air Terjun Sipiso-piso. Secara

geografis,

Desa Tongging berada di dataran lebih rendah, sementara Air Terjun Sipiso-piso terletak di perbukitan yang lebih tinggi dari Desa Tongging. Air terjun ini berada di ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus.



Nama air terjun yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karo ini memiliki makna yang khas. Sebagaimana disebut dalam berita harian Suara Indonesia Baru, bahwa Sipiso-piso berasal dari piso yang artinya pisau. Derasnya air-air yang berjatuhan dari bukit berketinggian di atas seratus meter ini diperumpamakan layaknya berbilah-bilah pisau yang tajam. Selain itu, jurang yang curam jika dilihat dari puncak bukit membuat orang setempat menyebutnya piso dari Tanah Karo.(
www.hariansib.com)

Menikmati keindahan air terjun adalah pengalaman yang luar biasa menyenangkan. Anda tidak harus ke Amerika untuk melihat air terjun Niagara yang Agung atau ke Brazil untuk melihat indahnya air terjun Iguazu. Di tanah air juga banyak terdapat air terjun yang indah, salah satunya adalah Air Terjun Sipiso Piso. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Danau Toba. Jadi jika anda kebetulan sedang liburan ke Danau Toba, mengapa tidak menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat yang eksotis ini. Air Terjun Sipiso Piso adalah sebuah air terjun yang berada pada ketinggian 800 m di atas permukaan laut dan memiliki vegetasi yang didominasi oleh hutan pinus. Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa Sipiso Piso adalah air terjun tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian sekitar 120 meter.

Anda bisa menikmati keindahan Air Terjun Sipiso Piso dari kejauhan. Ada sebuah pos pemantauan yang bisa anda singgahi untuk melihat keelokan air terjung ini. Jika masih belum puas, anda bisa turun ke bawah untuk melihatnya dari dekat. Mencapai dasar air terjun perlu sedikit pengorbanan karena cukup tinggi. Oleh sebab itu, perlu stamina ekstra jika anda ingin menyusuri air terjun ini hingga ke dasarnya. Jalan setapak yang berliku-liku akan menambah berat perjalanan anda. Namu jangan khawatir, keindahan alam disana serta melihat langsung air terjun dari dekat akan menghapus rasa lelah tersebut. Jika anda tidak ingin turun ke dasar air terjun, anda bisa melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Sipiso-piso. Anda juga bisa mencoba kegiatan lain yang tidak kalah seru seperti paragliding.
LokasiAir terjun Sipiso-piso terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Indonesia. Kecamatan ini berada sekitar 24 km dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo.

AksesBila Anda berada di Kota Medan, ibukota Provinsi Sumatra Utara, maka Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan bus atau mobil menuju Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Kabanjahe terletak di selatan kawasan wisata dataran tinggi yang terkenal, yakni Berastagi. Setiap 45 menit bus trayek Kabanjahe diberangkatkan dari terminal pusat kota Medan. Tarif bus sangat tergantung dengan jenis bus yang Anda pilih, tentu bus ekonomi yang paling murah. Sesampainya di Kabanjahe, Anda masih harus menempuh jarak 24 km ke arah Utara, jalur menuju Danau Toba. Dengan kualitas jalan beraspal, Anda dapat sampai di Desa Tongging untuk berwisata di Air Terjun Sipiso-piso dalam 30 menit menggunakan mobil atau bus.

Akomodasi dan Fasilitas LainnyaPenginapan tentu menjadi hal yang penting bagi wisatawan. Ketika berwisata di Air Terjun Sipiso-piso dan berkeinginan untuk bermalam, maka Anda dapat menemukan penginapan di Desa Tongging atau di Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Selain itu, bila Anda ingin mencari kenang-kenangan atau suvenir untuk keluarga di rumah, maka datangi saja berbagai penjaja suvenir khas Tanah Karo di kawasan wisata ini